Home » » Manfaat Membaca Al-Qur'an

Manfaat Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an adalah kebiasaan yang wajib bagi generasi emas pada zaman Rasulullah SAW masih hidup. Membaca Al-Qur'an sudah menjadi menu utama Sahabat Rasulullah SAW dimasanya karena itulah salah satu rahasia generasi emas umat muslim saat itu. Sedangkan jika menilik umat Islam sekarang ini Al-Qur'an hanya dijadikan benteng fatwa-fatwa aneh yang dikeluarkan MUI (Majelis Ulama Indonesia) seperti menghalalkan film-film yang tak patut ditonton dan sebagainya. Kemungkinan tahun ini, MUI juga akan mengeluarkan fatwa haram guna mengharamkan BBM bersubsidi bagi rakyat Indonesia. Sungguh berbanding terbalik nasib Al-Qur'an saat ini jika dibandingkan dengan masa emas umat Islam dahulu. Kini Al-Qur'an hanya dijadikan simbol saja seperti :

1. Sumpah.

Dalam pelantikan entah itu Presiden, wakil rakyat, Al-Qur'an hanya menjadi simbol saja dalam pelantikan tersebut. Al-Qur'an terletak dibelakang orang yang dilantik saat itu dan tidak menghadap kepada wajahnya. Maka percuma saja sumpah jika membelakangi Al-Qur'an. Patutkah Al-Qur'an dibelakangi? Ini salah satu pembangkangan kepada Al-Qur'an tersebut. Mereka bersumpah dengan menggunakan Al-Qur'an tetapi tidak menjalankan aturan yang ada pada Al-Qur'an tadi. Naudzubillaah, banyak pula fakta yang sudah terpampang jelas saat ini. Dimulai dari korupsi, suap menyuap antar aparatur hukum dan juga Presiden yang hanya peduli pada kekuasaannya saja.

Tilawah dan Khatam Al-Qur'an kebanyakan dari mereka yang sudah pandai membaca Al-Qur'an dengan tilawah dan tartil merasa cukup bahwa mereka sudah membaca Al-Qur'an dengan keindahan suara yang mereka miliki bahkan lomba tilawah ini diperlombakan dari tingkat yang paling kecil yakni Pedesaan hingga tingkat yang tinggi yakni tingkat Internasional. Sungguh berbanding terbalik dengan keadaan pada generasi emas umat Islam dahulu. Generasi emas umat Islam dahulu sangat bersungguh mempelajari Al-Qur'an yakni lebih pada tingkat penerapan Al-Qur'an pada kehidupan mereka, maka pantaslah Allah Subhanahu Wa Ta'ala selalu memberikan kemenangan pada mereka walaupun jumlah mereka saat itu sedikit jika dibandingkan umat Islam yang sekarang lebih banyak.

2. Perbedaan umat.

Islam sekarang yakni jika umat Islam dahulu lebih mengutamakan penerapannya daripada sekedar tilawah saja dan sebaliknya. Dan juga jika membahas Khatam Al-Qur'an umat Islam dahulu lebih suka meng-khatam Al-Qur'an dengan secara langsung menerapkannnya pada kehidupan sehari-hari sedangkan jika menilik umat Islam sekarang sehari-harinya mereka menghafal tanpa menerapkannya.

Itulah perbedaan umat Islam pada zaman emas dan zaman sekarang, maka manfaat membaca Al-Qur'an yang dapat disimpulkan yakni :

1. Dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.
2. Dapat menjadi bahan renungan (muhasabah) disaat berbahagia maupun bersedih.
3. Menjadi pengingat akan kebesaran Allah.
4. Menjadi sebuah pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
5. Menjadi hujjah dalam ghazwul fikr saat ini.
6. Menjadi amal shalih.
7. Sebagai motivator tersendiri.

Itulah manfaat membaca Al-Qur'an. Mudah-mudahan antum dapat mengambil hikmah dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari–hari.

Semoga Postingan Saya Bermanfaat Bagi sobat skalian..
Jangan lupa like & Sharenx ya..
Thank's

.:: Baca Artikel Lainnya ::.

Follow Us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar